adaptasi lagi :)

“sedih gak ti, harus ninggalin Bandung?”
Pertanyaan ini datang dari Ike saat makan malam bareng di IP di malam terakhir saya di Bandung sebelum Internsip.. mendengar pertanyaan itu saya cuma bisa tersenyum. Mau bilang langsung apa yang dirasakan agak gak enak, hehehe, nanti merusak suasana perpisahan lagi :p. Memangnya perasaan saya waktu itu gimana? Benar benar gak merasakan apa apa, datar. Kepala masih diisi dengan pertanyaaan seputar : Ijazah dokter belum diambil trus kalau diminta waktu pembekalan internsip bagaimana jadinya, baju dan buku belum dikirim, berangkat dari bandung ke bandara jam 2.45 pagi berarti gak boleh ketiduran, berangkat ke ciwalk (tempat citi trans) nya pakai blue bird aja tapi kalau keluar sendiri malem-malem gitu sebenarnya takut banget juga, tiket belum di print, ah semoga perjalanan besok lancar sehingga gak telat banget nyampe di kidi prov Sumbar untuk pembekalan, Alhamdulillah akhirnya benar-benar dapat Internsip di sumbar. Kepala tu penuh banget jadilah ngobrol sama ike diwaktu itu banyak yang skip karna ketutupan sama keributan dikepala. Tapi seperti biasa, tampak luar cyntia senyum-senyum sok cool gitu padahal aslinya didalam teriak-teriak hahaha.  Semuanya bermula saat ibu ely telpon di Rabu siang itu, mengabarkan bahwa apapun yang terjadi besok hari, jam 8 pagi, saya sudah harus berada di Sumbar untuk pembekalan. Mulai panik, karena barang2 belum sempat di pack semuanya, dokumen penting masih berceceran dibeberapa pihak, dan kepanikan bakalan dapet tiket gak ya hari itu, kalaupun dapet brangkat ke soetta nya benar2 harus segera supaya gak ketinggalan pesawat. Alhamdulillah tiketnya dicariin ibunya. Packing dadakan dimulai, sambil deg2an nungguin kepastian tiket. Dalam kondisi tersebut sempat kefikiraan saya brangkat duluan aja ke soetta dari Bandung, supaya kapanpun tiketnya didapat saya tinggal nunggu disana aja, santai dan gak diburu2 waktu. Tp ternyata Ibunya menyuruh saya nunggu aja sampai tiketnya sudah dibooking. Menuju jam 4, saya baru dikabarkan ibunya bahwa saya dapat tiket jam 8.20. Posisi saya waktu itu idah di ciwalk siap2 berangkat ke soetta untuk jaga jaga. Ditelpon saya bilang “oo, jam 8.20 ya bu, baik bu, tia berangkat ke soetta sekarang”. Lalu terdengarlah suara ibu diseberang sana “bukan 8.20 malam ini, tapi besok pagi. Jadi tia bisa berangkat dari Bandungnya jam 3 pagi”. Hohoho, Alhamdulillah, hampir aja saya akan merasakan pengalaman menginap semalam di soetta hihihi . Hingga akhirnya saya menghabiskan sore itu untuk mengurusi dokumen dan bersilaturrahmi sama teman2 lainnya, termasuk Ike. Berterima kasih kepada seseorang yang saya hubungi di sore itu. Saat itu baru dia yang saya kasih tau bahwa saya akan balik mendadak k padang besok hari. Bahkan mama pun belum saya kabari mengenai hal ini. Chatting sambil panik panik gimana gitu >. Malam itu gak tidur, ngobrol2 sama asih dikamar, cek barang yang akan dibawa pulang dan barang yang dititipkan untuk dikirim sama asih, telpon blue bird, nahan kantuk yang datang tiba2, nahan badan yang capek dan minta istirahat, dorong koper sendiri keluar, nahan rasa takut, lalu brangkat ke ciwalk jam 2.20. Menguatkan diri dengan berjanji akan istirahat didalam travel. Sampai di ciwalk bayar travel, nanya ada berapa penumpang, lalu nunggu. Alhamdulillah katanya ada 3 penumpang. Hingga travel mau berangkat tapi batang hidung penumpang ini gak muncul2 juga. kata bapaknya penumpang tsb akan naik didekat pasteur. Okedeh, naik sendiri ke travel. Sampai akhirnya menyadari bahwa si pasteur ini udah lewat dan udah masuk tol. Ternyata penumpang tsb gak muncul dan saya satu2nya penumpang ditravel tsb. Kyaaaaaaaaa >. Singkat cerita, sampai di soetta kecepetan hahaha. Selalu gini sih tiap kali naik travel pagi hari, selalu cepat beberapa jam dari perkiraan pihak travel yg memberi standar 4 jam ke soetta kalau berangkat dini hari. Saya datangnya kecepetan  eh si pesawatnya datangnya kelambatan dari penerbangan sebelumnya, akhirnya di delay lah si penerbangan ini huhu. Smakin telat aja saya datang ke pembekalan internsip tsb. Masih dalam mode berjanji kepada diri untuk tidur nanti di pesawat. Akhirnya naik pesawat yang selama ini belum pernah saya naiki sebekumnya, tp karena tiket k padang udah pada sold out, si ibu kayaknyan cuma dapat tiketn maskapai ini yang penerbangannya lbh pagi dari penerbangan yg lainnya. Ternyata eh ternyata,  diluar gak kelihatan ada angin, gak kelihatan ada awan, si pesawat ini tetap aja heboh dg goncangannya. Mungkin pesawat yg dipunyai maskapai ini lebih kecil dibandingkan pesawat dari maskapai lainnya yg pernah saya naiki, jdnya lebih mudah terguncang meskipun cuaca diluar baik2 saja. Tapi gak ada pengalaman yg lebih epik dibandingkan pengalamman terbang k padang waktu mengikuti antibiotik di padang. Waktu itu beli tiketnya juga mendadak, sehari sebelumnya, cuma dapat batavia (waktu itu masih beroperasi). Pesawatnya di delay karena rusak,lalu diganti dengan pesawat yg lebih kecil, penumpang dibagi kedalam 2 pesawat kecil tsb dan masuk k pesawat kayak masuk k dalam bus, tanpa nomor pesawat. Perjalanannya lebih epik lagi -,-.





Sampai di padang nungguin bagasi sambil ngamarin mama kalau saya udah sampai, dianter mama ke dinkes sumbar. Sampai di dinkes ketemu pak f yang baik bangeeeeeets. Hal2 mendadak dan kepanikan benar2 menumpulkan perasaan melankonlis saya saat meninggalkan bandung, meninggalkan teman2. Tp sesampainya di tempat pembekalan, melihat teman sejawat ada disana saya baru menyadari bahwa saat itu sy benar2 sendiri. Setahun kedepan akan saya jalani dg teman2 baru, yg satupun gak pernah sy kenal sebelummya. Gak ada teman lama yg udah klop, yg kalau ngobrol bikin gak nyadar sama waku, yg kalau lagi diam saat berdua pun udah gak merasa canggung atau merasa bersalah, comfortable silent. Nyadar lagi bahwa siklus hidup sayapun berulang kembali. Waktu sma saya dipaksa pindah ke padang, utk melanjutkan sekolah disana. Saat teman2 udah punyan teman2 dekatnya masing2 dari smp yg sama, sy sama sekali gak kenal siapapun disana. Masa itu bisa dibilang masa adaptasi tersulit yg pernah dialami selama ini. Adaptasi disekolah dan dirumah paman. Lalu waktu kuliah, terdampar di fk unpad yang bahkan selama 4 tahun angkatan diatas saya gak mendeteksi adanya senior dr sma 3 padang yg kuliah di fk unpad. Sendiri lagi, oke.  saya kira ini akan jd akhir adaptasi terhadap sesuatu yg benar2 baru. Kirain internsip, kerja, atau bahkan nikah nantinya saya akan bersama dg orang2 yg pernah saya kenal sebelumnya. Ternyata? Masih berlanjut di internsip ini. Teman2 FK Unand 08 yg ukdi februari belum bisa mengikuti internsip di bulan mei ini, padahal di FK Unand 08 ini saya juga punya teman2 baik dari SMA atau yg kenal saat diorganisasi. Ternyata saya diminta ketemu orang2 yg baru lagi semuanya hehe.. Apakah saya menyesal? Atau mengeluhkan ini semua?  Tentu saja tidak. It was fun :D. Apalagi dimasa saya saat ini yg susah untuk berhenti ngomong, saya ajak aja kenalan semua orang didekat saya hehehe. Angkatan 07 semua, cuma saya yang berasal dari angkatan 08, tapi teteup yg paling bongsor hueeee hehe, nasib gueee -..-





Dengan semua hal yg terjadi pd hidup saya, sy tau apa yg terjadi saat ini akan ada gunanya suatu saat, dikehidupan saya pada masa yg akan datang. Mungkin dimasa kerja atau melanjutkan pendidikan atau mungkin nikah, saya akan dihadapkan dengan orang yg belum pernah saya kenal sebelumnya, jd harus bisa beradaptasi dengan cepat dan mandiri tanpa harus bergantung kepada orang yg sudah saya kenal sebelumnya. Atau siapa tau jodoh saya nantinya adalah orang yg belum pernah sy temui sebelumnya? nah loh (jedeer bawa2 jodoh segala hahah). Usia rentan emang. Trus si cyntia ini emang gak bisa jauh2 dari perbincangan ini. Teman dekat banget, echa udah punya 2 anak, belum lagi teman se liqo’, teman kuliah, bahkan sepupu sepersusuan si Abang Ridho udah nikah dari maret lalu. Turut bersuka cita :D. Lalu waktu pembekalan internsip kemaren, kenalan sama seorang kk dari USU yg minta internsip di sumbar juga, setelah ngobrol2 ternyata dia orang painan juga, daerah api-api lebih tepatnya. Ngobrol lebih lanjut ternyata kk itu anak murid papa saya di SMA tarusan hahaha. Dan tau alasan dia minta internsip di sumbar? Karena pengen dekat sama suami dan  kedua anaknya. *kemudian speechless*. Semoga si kk bisa dpt penempatan internsip dipainan, begitupun saya heheh. Pengennya si gak nge kos lagi, pengen juga merasakan tinggal sama ortu dan bantu2 dirumah.





Seandainya saat ini ike ada didepan saya dan mengatakan pertanyaan yg sama, mungkin saya gak akan bisa memberikan senyum di wajah. Karena saat ini baru terasa. Kangen sama Bandung, teman teman disana, aktivitas dakwah yang semarak dan fasilitas pembelajaran yang banyak (plus XXI, plus mall, temat jualan baju bekas yang murah tapi keren, rumah buku yang selalu diskon, times yang menjual buku2 impor asli), dan keramahan masyarakatnya, tidak ingin ikut campur dalam masalah orang lain serta cuaca Bandung yang segar. Kangen banget T.T. Banyak list tempat yang ingin dikunjungi tp belum terwujud, kegiatan yang belum sempat diikuti, ada mimpi yg masih belum tercapai. Tapi satu hal diatas itu semua, ada sesuatu yang sangat berarti dalam hidup yang bikin saya yakin untuk meninggalkan itu semua, Keluarga. Yup, selamat datang di kehidupan yang sebenarnya, ti. semoga nanti dapat tempat internsip di dekat rumah. Bisa ikut berkontribusi pada DS di smantri dan mengikuti kegiatan sosial yg berkaitan dg profesi (bsmi padang?)





Nb : *kalau suatu saat anak saya membaca tulisan ini (ceritanya visioner hihii :p)*





Jangan takut sama hal-hal baru karena jalan yang baru akan membawa kita ke kesuksesan baru yg gak akan mungkin didapatkan apabila kita melewati jalan yg sama dg sebelumnya.





Jgn pernah takut akan kesendirian, krn gak ada masa bersendiri didunia ini, ada Allah yg selalu menemani.





Takut kekurangan orang yang bisa diandalkan didunia ini akan mengantarkanmu pada kelemahan, sedangkan  takut kekurangan amal ketika berada saat perhitungan nanti akan memberimu kekuatan lebih untuk menjadi manuusia yg lbh baik.  


*30/05/2014,  22.16 WIB, diatas mobil, dalam perjalanan menemani mama utk isi bensin mobil. Senangnya bisa dekat2 sama  mama setelah  8 tahunan cuma bisa pulang sebentar sebentar saja ^^.

Leave a comment